Cara Membuat Rencana Iklan yang Berhasil

Bagaimana Cara Membuat Rencana Iklan yang Berhasil Untuk Bisnis Anda


Banyak faktor yang harus dipertimbangkan saat membuat rencana periklanan. Seperti jenis pesan yang akan disampaikan, khalayak yang menjadi target, bagaimana mereka harus ditargetkan, anggaran, dll semuanya tergantung pada sifat iklannya.

Mengenai jenis pesan yang akan disampaikan, coba pikirkan dari sudut pelanggan. Apa yang akan membuatnya terkesan dan tangkap. Catat poin yang diharapkan pelanggan dari perusahaan dan keuntungan apa yang dia miliki saat berhadapan dengan perusahaan. Upaya harus dilakukan untuk mempertahankan minat pemirsa atau pendengar atau pembaca dalam iklan sampai akhir. Prosedur ini dikenal sebagai pilihan pesan.

Setelah membuat garis besar gambar, pilihlah jalur yang benar-benar akan menarik pelanggan. Pesan seharusnya tidak cukup lama untuk membuat pelanggan merasa bosan. Beberapa pengiklan berada di bawah ilusi bahwa lebih banyak materi ditulis, semakin baik pesan yang disampaikan. Biasanya mereka takut tidak melewatkan informasi apapun. Hal ini tidak mengurangi penurunan efektivitas iklan dan pelanggan sehingga tidak terpuaskan.

Misalnya, judul iklan seharusnya tidak hanya "We Sell Clothes", yang terlalu tepat. Kecintaan masyarakat harus dipelajari dan tajuk utama harus dirancang sedemikian rupa sehingga pelanggan merasa bahwa kebutuhannya terpenuhi. Ini juga harus mempertimbangkan perubahan musiman seperti Jika musim pada waktu itu adalah musim panas dan ada banyak pantai di sekitar area itu, judul iklan harus seperti "Pakaian Musim Panas Dijual" atau "Turunkan panas - Beli Baju renang". Badan iklan harus membicarakan kebutuhan untuk beralih ke pakaian musim panas seperti pakaian katun. Ini harus membahas sudut pandang kesehatan juga, seperti kapas tidak bisa digunakan sebagai pakaian renang karena akan menyebabkan kontaminasi, oleh karena itu pakaian renang terbuat dari bahan sintetis. Juga termasuk garis tentang pakaian renang untuk orang yang kelebihan berat badan.

Iklan adalah pembangun lalu lintas atau pembangun hubungan atau pembangun reputasi. Misalkan anggaran yang terlibat kurang, target harus pembangun hubungan. Karena begitu pelanggan terbentuk, mereka akan mulai mempercayai perusahaan dan tidak akan beralih ke perusahaan lain. Menurut sebuah penelitian, dibutuhkan sepuluh persen lebih sedikit sumber daya untuk mempertahankan pelanggan lama daripada menarik pelanggan baru. Jika fokusnya pada pengenalan merek, iklan itu harus berupa bangunan lalu lintas.

Poin selanjutnya adalah apakah pengiklan menginginkan hasil yang cepat atau hasil jangka panjang. Jika hasil cepat diinginkan, maka batas waktu harus dipungut. Seperti dalam kasus penjualan musiman, pelanggan bergegas untuk mendapatkan keuntungan sebelum penawaran selesai. Maka hasil yang cepat diharapkan dalam kasus ini. Namun kerugian dengan iklan dengan batas waktu adalah bahwa pelanggan terikat untuk melupakan produk atau perusahaan dalam waktu singkat dan tidak menciptakan dampak yang mendalam pada pikiran pelanggan.

Bersaing melawan iklan perusahaan pesaing juga berkontribusi pada rencana periklanan yang sukses. Kekuatan pesan harus dibandingkan dengan pesaing. Itu tidak berarti bahwa pengiklan harus menggunakan rencana yang sama seperti kompetitornya, akan terlihat seperti imitasi dan efektivitas akan berkurang. Tapi iklan itu harus direncanakan dengan cerdas melalui jalur yang berbeda dan efektif, untuk melakukan iklan pesaing.

Deskripsi produknya juga sangat vital seperti misalkan iklan dibuat untuk restoran, akan segera didapatkan pelanggan jika menarik. Tapi jika iklan itu untuk komputer, itu tidak akan menghasilkan hasil langsung, karena tidak setiap hari seseorang membeli komputer. Ini disebut analisis siklus pembelian.

Jika menargetkan dampak yang lebih tinggi, newsletter adalah taruhan terbaik. Tetapi jika buletin dikirimkan ke pelanggan potensial yang sebenarnya, maka pendekatan ini harus diadopsi untuk pengiriman pesan. Seharusnya hanya diikutsertakan setelah analisis menyeluruh, tidak peduli berapa anggarannya. Hal penting lainnya adalah selalu menyewa pengiklan profesional atau penulis iklan karena tidak mempekerjakan seseorang terkadang akan lebih mahal dan menghasilkan lebih banyak kerugian.

0 comments:

Posting Komentar