Bagaimana Cara Membuat Rencana Iklan yang Berhasil Untuk Bisnis Anda
Banyak faktor yang harus dipertimbangkan
saat membuat rencana periklanan. Seperti jenis pesan yang akan disampaikan,
khalayak yang menjadi target, bagaimana mereka harus ditargetkan, anggaran, dll
semuanya tergantung pada sifat iklannya.
Mengenai jenis pesan yang akan disampaikan,
coba pikirkan dari sudut pelanggan. Apa yang akan membuatnya terkesan dan
tangkap. Catat poin yang diharapkan pelanggan dari perusahaan dan keuntungan
apa yang dia miliki saat berhadapan dengan perusahaan. Upaya harus dilakukan
untuk mempertahankan minat pemirsa atau pendengar atau pembaca dalam iklan
sampai akhir. Prosedur ini dikenal sebagai pilihan pesan.
Setelah membuat garis besar gambar,
pilihlah jalur yang benar-benar akan menarik pelanggan. Pesan seharusnya tidak
cukup lama untuk membuat pelanggan merasa bosan. Beberapa pengiklan berada di
bawah ilusi bahwa lebih banyak materi ditulis, semakin baik pesan yang
disampaikan. Biasanya mereka takut tidak melewatkan informasi apapun. Hal ini
tidak mengurangi penurunan efektivitas iklan dan pelanggan sehingga tidak
terpuaskan.
Misalnya, judul iklan seharusnya tidak
hanya "We Sell Clothes", yang terlalu tepat. Kecintaan masyarakat
harus dipelajari dan tajuk utama harus dirancang sedemikian rupa sehingga
pelanggan merasa bahwa kebutuhannya terpenuhi. Ini juga harus mempertimbangkan
perubahan musiman seperti Jika musim pada waktu itu adalah musim panas dan ada
banyak pantai di sekitar area itu, judul iklan harus seperti "Pakaian
Musim Panas Dijual" atau "Turunkan panas - Beli Baju renang".
Badan iklan harus membicarakan kebutuhan untuk beralih ke pakaian musim panas
seperti pakaian katun. Ini harus membahas sudut pandang kesehatan juga, seperti
kapas tidak bisa digunakan sebagai pakaian renang karena akan menyebabkan
kontaminasi, oleh karena itu pakaian renang terbuat dari bahan sintetis. Juga
termasuk garis tentang pakaian renang untuk orang yang kelebihan berat badan.
Iklan adalah pembangun lalu lintas atau
pembangun hubungan atau pembangun reputasi. Misalkan anggaran yang terlibat
kurang, target harus pembangun hubungan. Karena begitu pelanggan terbentuk,
mereka akan mulai mempercayai perusahaan dan tidak akan beralih ke perusahaan
lain. Menurut sebuah penelitian, dibutuhkan sepuluh persen lebih sedikit sumber
daya untuk mempertahankan pelanggan lama daripada menarik pelanggan baru. Jika
fokusnya pada pengenalan merek, iklan itu harus berupa bangunan lalu lintas.
Poin selanjutnya adalah apakah pengiklan
menginginkan hasil yang cepat atau hasil jangka panjang. Jika hasil cepat
diinginkan, maka batas waktu harus dipungut. Seperti dalam kasus penjualan
musiman, pelanggan bergegas untuk mendapatkan keuntungan sebelum penawaran
selesai. Maka hasil yang cepat diharapkan dalam kasus ini. Namun kerugian
dengan iklan dengan batas waktu adalah bahwa pelanggan terikat untuk melupakan
produk atau perusahaan dalam waktu singkat dan tidak menciptakan dampak yang
mendalam pada pikiran pelanggan.
Bersaing melawan iklan perusahaan pesaing
juga berkontribusi pada rencana periklanan yang sukses. Kekuatan pesan harus
dibandingkan dengan pesaing. Itu tidak berarti bahwa pengiklan harus
menggunakan rencana yang sama seperti kompetitornya, akan terlihat seperti
imitasi dan efektivitas akan berkurang. Tapi iklan itu harus direncanakan
dengan cerdas melalui jalur yang berbeda dan efektif, untuk melakukan iklan
pesaing.
Deskripsi produknya juga sangat vital
seperti misalkan iklan dibuat untuk restoran, akan segera didapatkan pelanggan
jika menarik. Tapi jika iklan itu untuk komputer, itu tidak akan menghasilkan
hasil langsung, karena tidak setiap hari seseorang membeli komputer. Ini
disebut analisis siklus pembelian.
Jika menargetkan dampak yang lebih tinggi,
newsletter adalah taruhan terbaik. Tetapi jika buletin dikirimkan ke pelanggan
potensial yang sebenarnya, maka pendekatan ini harus diadopsi untuk pengiriman
pesan. Seharusnya hanya diikutsertakan setelah analisis menyeluruh, tidak
peduli berapa anggarannya. Hal penting lainnya adalah selalu menyewa pengiklan
profesional atau penulis iklan karena tidak mempekerjakan seseorang terkadang
akan lebih mahal dan menghasilkan lebih banyak kerugian.
0 comments:
Posting Komentar